Kamis, 29 Desember 2011

akhlak terhadap teman


A.    Adab Bergaul dengan Teman Sebaya
Teman sebaya adalah teman yang sederajat dengan kita. Contoh teman sebaya adalah teman sekelas di sekolah, teman belajar atau teman bermain. Sesama teman sebaya harus saling menolong, saling menghormati, dan saling peduli satu sama lainnya. Kalau kita bergaul baik dengan teman sebaya, kita akan mempunyai banyak teman di mana saja kita berada.
Adab bergaul dengan teman sebaya  antara lain :
1.      Mengucapkan assalamu’alaikum setiap kali bertemu teman
2.      Menghormati teman sebaya dan selalu berbaik baik kepada mereka
3.      Memaafkan kesalahan teman bila mereka lupa atau tidak sengaja melakukan kesalahan
4.      Tidak menghina dan meremehkan teman
5.      Tidak pelit dan tidak sombong kepada teman
Anak yang bagus adabnya akan disukai oleh teman-temannya. Oleh karena itu, agar dicintai dan dihormati teman-teman sebaya, kita harus bergaul kepada mereka dengan adab yang baik.
B.     Adab Bergaul dengan Orang yang Lebih Muda
Orang yang lebih muda adalah semua orang yang umurnya lebih muda dari kita. Mereka diantaranya : adik kandung, adik kelas di madrasah atau teman-teman bermain yang lebih muda umurnya. Terhadap adik-adik kita harus membimbing dan menyayangi mereka. Kita harus memberikan contoh dengan tingkah laku yang baik. Rasulullah SAW bersabda yang artinya : “Bukanlah termasuk umatku orang yang tidak menyayangi kepada yang lebih muda dan tidak menghargai kehormatan yang lebih tua” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).
Adab bergaul yang baik terhadap orang yang lebih muda antara lain :
1.      Memberikan kasih sayang dan bimbingan kepada mereka
2.      Memberikan contoh dengan berbuat sesuai ucapanmu
3.      Berbicara dengan sopan kepadanya
4.      Menolong bila ia dalam kesulitan
5.      Bersabar menghadapi kemauannya
Apabila kita membiasakan  bergaul dengan yang lebih muda dengan adab yang baik, mereka akan menghargai kita sebagaimana kasih sayang dan bimbingannya yang mereka rasakan (Tim Bina Karya Guru, 2009:88-89).
C.    Hormat Kepada Teman
Untuk mencapai kehormatan dalam hidup diperlukan cara-cara tertentu yang harus dilakukan oleh orang-orang yang berada di dalam kelompok masyarakat tersebut. Cara-cara tersebut ditunjukkan lewat sikap dan perilaku masing-masing orang dalam kelompok masyarakat.
Islam memiliki konsep yang jelas, bagaimana hidup bermasyarakat yang baik, perhatikan hadits rasul berikut :
عن أبي هريرة عن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال من كان يؤمن باالله واليوم الاخر فليكرم جاره (رواه مسلم)
Artinya :   Dari Abu Hurairah ra berkata : Rasulullah SAW bersabda barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah memuliakan tetangganya” (HR. Muslim).
Beberapa adab yang harus dilaksanakan agar keharmonisan berteman tercapai antara lain :
1.      Saling menghormati
Kamu  harus sabar bahwa para teman yang ada di sekelilingmu itu berasal dari berbagai latar belakang. Misalnya mereka mempunyai agama, tradisi dan kebiasaan yang berbeda latar belakang sosial pendidikan yang berbeda, kondisi ekonomi yang berbeda pula, berasal dari suku yang berbeda bahkan dari Negara yang berbeda. Di sinilah pentingnya saling menghormati.
2.      Saling bekerjasama dan tolong menolong
Ketika teman kita sedang mempunyai hajat ataupun kegiatan yang membutuhkan  bantuan maka sebisa mungkin kita membantunya kiat harus saling bekerja sama, tolong menolong hingga melahirkan keharmonisan dalam bertemah, kita harus ingat bahwa saat nanti, kita juga membutuhkan bantuan mereka.
                        Perhatikan hadits berikut.
عن ابى هريرة قال : قال ريولوالله صلى الله عليه وسلم والله عون العبد ماكان العبد فى عون احيه(رواه مسلم)
Artinya : “Dari abu hurairah r.a aBerkat : Rosulullah SAW bersabda ,” Allah akan slalu menolong hambanya selama hamba itu mau menolong saudaranya :, (H.R Muslim)
3.      Saling Mengasihi
Kasih sayang antara anggota masyarakat ini amat penting. Ksasih sayang ini akan melahirkan kekuatan yang amat besar dalam rangka terciptanya masyarakat yang rukun, Solid dan kompak, juga akan melahirkan kepekaan sosial yang amat dalam, bahkan seseorang yang mengasaihi temannya dengan tulus, melahirkan sebuah persaudaraan, yanag lebih dari saudaranya sendiri.
4.      Saling melindungi
Tatkala salah seorang teman kita mendapat ancaman serangan dari pihak lain misalnya, kita wajib memberikan perlindungan, asal dia aberada di pihak yang benar. Tetapi bila dia yang aslah kita wajib melindunginya
5.      Saling menasehati
Ketika ada teman kita yang berselisih atau bertengkar ataupun melakukan perbuatan yang tidak baik terhadap teman-teman yang lain maka kita wajib menasehatinya.
D.    Berbuat baik kepada teman
Bergaul yang paling menyenangkan adalah dengan teman sebaya, kalian pasti setuju dengan pendapat ini bukan ? ya pasti namun, ingat bahasa bergaul dengan teman sebaya ini juga ada aturan-aturannya, sepeti saat kita bergaul dengan orang lain yang lebih tua.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar